Sebuah Tulisan tentang Grup Cocoklogi Science

Sebuah Tulisan Tentang Grup Cocoklogi Science

Cocoklogi

Saya mengenal Grup Cocoklogi kalau tidak salah sekitar tahun 2012, itu bermula dari membaca postingan kawan saya yang sudah lebih dulu menjadi member grup tersebut, Postingan dengan gaya ringan, segar, Satire dan lucu adalah yang beberapa kali saya baca dan itu yang membuat saya menekan tombol “Like” pada Grup tersebut. Saat itu dengan menekan tombol like, maka otomatis kita langsung menjadi member dan bisa berselancar puas di postingan grup saat itu juga. Sejak itu hari-hari dunia maya saya tidak pernah lepas dari grup Parodi yang Satire yang mereka beri nama Cocoklogi Science.

Postingan yang sebagian besar dari re-share berita dengan ditambahkan caption yang segar yang bisa mengubah pola pikir atau bahkan membuat sudut pandang baru yang lakukan oleh membernya, yang belakangan saya tau juga bahwa sebagian besar admin dari grup ini memang semua “antik” dan bisa dibilang “Bukan orang sembarangan”, kenapa?? karena admin grup cocoklogi ini dari multi dimensi kehidupan, ada yang berprofesi sebagai Dosen, Guru, Pejabat Tambang, Pegawai PNS, bahkan juga yang menurut informasi orang dalam ada yang bekerja sebagai Intelejen (Kalo ini saya masih belum percaya, tapi cocok-cocokin ajalah).

Sejauh yang saya tau, sampai saat ini sebagian besar admin CS (Singkatan dari Cocologi Science) adalah orang-orang yang mapan secara finansial dan memang tujuan mereka membuat grup bukanlah untuk komersil tapi justru untuk “Kebahagiaan” mereka dalam angan-angan mereka sebagai “tokoh” yang mereka inginkan. Karenanya, walaupun anggota member pada saat itu di tahun 2014 akhir sudah mencapai diatas 100 ribu member, namun grup cocoklogi sepanjang pantauan saya adalah satu-satunya grup yang tetap bersih dari “limbah atau sampah” berita politik. Grup ini satu-satunya grup yang membernya diatas 100 ribu, namun tidak tergiur untuk masuk dan mengambil posisi kedalam “perang Pilpres dan Pilkada” yang sedang heboh dan nyata-nyata mereka rela membeli beberapa grup social media yang banjir member untuk menjadi corong kampanyenya.

Dari beberapa grup yang saya menjadi jadi membernya, Cuma Cocoklogi yang sejauh ini masih netral dan konsisten dengan humor satire dan parodinya didunia maya. Tidak sedikit yang mereka parodikan dalam postingan grup mereka, mulai dari para calon presiden, sampai perkumpulan paling rahasia seperti Freemasonpun tidak luput dari candaan “khas” cocoklogi yang memang perlu waktu untuk member yang kurang berpendidikan yang biasa disebut Rakjel (Rakyat jelata) di grup ini untuk bisa mencerna dan mengikuti pola dan aturan mainnya.

Sampai pada tahun 2015, selama beberapa waktu, grup yang cukup menjadi perhatian saya ini menghilang, sekitar 3 – 5 bulan saya coba search berkali-kali di Facebook namun tidak saya temukan, sampai akhirnya pada akhir 2015 secara otomatis tiba-tiba saya bergabung lagi dengan grup yang saya cukup kehilangan ini. Saya mendapat info dari salah satu admin grup ini memang beberapa waktu lalu grup ini sempat dilaporkan oleh beberapa orang karena ada unsur yang tidak sesuai dengan etika social media, dan karena aduan itu, akhirnya akun grup Cocoklogi science ini ditutup, namun beberapa bulan kemudian, admin berhasil menarik beberapa ribu member kembali secara otomatis (termasuk saya didalamnya) dan menambah sedikit ketat bagi member yang ingin bergabung dan yang ingin men-share berita atau postingan di grup yang cukup fenomenal ini, yaitu dengan terlebih dahulu harus di Approve oleh admin dari Grup Cocoklogi Science.

DAN COCOKLOGI SCIENCE FORMAT BARU DIMULAI.

Aura parody dan satire itu muncul lagi, senyum saya ketika membaca postingan cocoklogi yang sempat hilang, kembali lagi. Sebenarnya bukan hanya soal postingan yang unik pada grup ini, tapi juga soal bagaimana para member grup ini begitu  loyalnya menjalankan apapun yang admin inginkan untuk mereka lakukan.

Contohnya yang sangat fenomenal adalah aturan ketika kita akan memposting atau men-share sebuah postingan di grup ini, maka member biasanya dan mulai menjadi keharusan memulai postingannya dengan kalimat “Hail ngademin…” lalu di lanjutkan dengan pujian-pujian bagi ngademin CS, jika tidak melakukannya maka hukuman yang paling ringan adalah postingan itu tidak akan muncul di timeline CS alias ditolak, atau ancaman yang paling mengerikan bagi member CS adalah mereka akan di BANNED alias di keluarkan dari grup Cocoklogi Science. Dan taukah anda?? Mereka semua menuruti dan rela untuk melakukannya, termasuk saya juga tentunya. Hahahahahah…

Walau bisa dibilang relative bersih dari konten Politik dan SARA, Namun, jangan dikira, bahwa postingan berbau politik/SARA tidak pernah masuk dalam grup ini, karena seringkali postingan berbau politik/SARA di approve kemungkinan untuk proses seleksi member yang tidak belajar tentang “budaya” di grup cocoklogi, jika ada yang komentar terlalu Rasis dan bisa memperkeruh suasana grup, maka Admin yang tidak pernah putus memantau grup ini tidak segan-segan menjalankan rule paling kerasnya yaitu mem-BANNED member tersebut. Tidak ada kata complain dan marah-marah karena di banned di grup ini, karena grup ini dijalankan dengan system Diktator yang mengadopsi pemerintahahan Kim Jong Un diKorea Utara, itu jelas-jelas dikatakan oleh salah satu admin dalam grup ini.

Aturannya “SUKAK SUKAK NGADEMIN, KAU PROTES KU LAHAP!!!”

Dengan melakukan “pembersihan” member secara berkala dengan pancingan memuat posting konten berbau SARA/Politik, secara tidak langsung membuat Grup Cocoklogi menjadi relative selalu bersih dari oknum-oknum pembuat “onar” yang teriak paling keras didunia maya tapi sangat penakut di dunia nyata. Bravo Cocoklogi!

Kita mundur sedikit kebelakang, pada awalnya Grup Cocoklogi dibuat dari sempalan para member grup penggemar UFO (BETA UFO), teori konspirasi serta sejarah Indonesia, karenanya pada awalnya grup ini tidak jarang memposting berita atau tulisan yang memuat teori Konspirasi hasil pemikiran mereka dan member sendiri yang jika kita coba berfikir yang sama, mungkin memang ada benarnya alias ada Cocoknya juga, sebetulnya bagian ini yang saya suka, karena saya yakin bahwa setiap hal-hal atau kejadian di sekitar kita itu pada dasarnya adalah sebuah bagian dari skema besar dalam perubahan/penggiringan opini dan pola pikir dunia saat ini, contoh : mengapa kandang ayam bambu bentuk anyamannya mirip dengan lambang Bintang yahudi??? Ini pasti ada sangkut pautnya dengan Freemason, dan ini merupakan konspirasi yahudi untuk mencuci otak pribumi Indonesia!! (lelucon khas cocoklogi yang paling lengket di kepala saya, hahahahaha…).

Postingan seperti diatas adalah yang sehari-hari kita bisa nikmati dan hayati serta kita memiliki kebebasan untuk menafsirkannya, asalkan itu cocok walau mungkin salah, ga masalah. Ini sesuai dengan jargon grup ini, “BENER GA BENER YANG PENTING COCOK!!!” Dan inilah yang saya sangat suka, kalimat itu punya arti mendalam bahwa kita boleh mengeksplore imajinasi kita tanpa batas dan tanpa sekat untuk bisa memahami Sesuatu hingga menemukan pengertian yang sebenarnya.

Dengan Semakin banyaknya para member muda yang begitu “tergila-gila” pada grup ini, dan didukung oleh beberapa admin yang memang masih Jomblo, maka Cocoklogi Science mulai menyesuaikan ke jalur tersebut, postingan tentang Konspirasi khas Cocoklogi dan analisa segala hal ala Cocoklogi mulai berkurang, dan lini status di grup ini mulai banyak didominasi oleh status cocoklogi versi Jomblo dari segala aspeknya, mulai dari aspek sisi luang jomblo, sisi sedih jomblo, sisi cocoklogi jomblo, sampai pada ajang mencari jodoh dan gombalan bagi admin Cocoklogi yang saat ini rekrutan adminnya memang sepertinya dipilih dengan menilai level kecantikan dan kebahenolan versi Hail ngademin, saya masih nyaman berada di grup ini, dan postingan tentang jomblo ini membuat saya juga terus merasa muda serta tidak melupakan bagaimana untuk tetap muda.

Tapi jangan takut, sesekali, salah satu ngademin yang seorang guru itu, dan ngademin yang tiga minggu kerja dan seminggu nganggur dari tambang itu, seringkali menetralkan grup ini dengan postingan-postingan yang cukup berbobot dan sangat cocoklogi yang mampu menetralkan grup menjadi kembali ke khitahnya, dan sayapun juga berusaha mengisi grup ini dengan Cocoklogi versi saya walau hanya sebagai rakyat jelata.

Yang jelas, Jika anda ingin Keluar dari hingar bingarnya social media saat ini dengan berita yang sudah tidak jelas mana benar dan salahnya, mungkin anda layak mencoba grup yang satu ini.

GRUP COCOKLOGI SCIENCE

SEBUAH GRUP PARODI CERDAS

Sebagai tambahan Informasi, bahwa saya sempat kopdar dengan beberapa admin CS dan sempat “mewawancarai” mereka secara santai, seperti yang saya uraikan diatas bahwa mereka sebagian besar adalah orang-orang yang mapan secara finansial dan memiliki kehidupan nyata yang benar-benar nyata dan berkarya. Beberapa admin ada di kota tempat saya tinggal yaitu di bogor. Dan beberapa admin yang tinggal didepok dan Jakarta. Salah satu admin ketika saya pertama bertemu mengatakan :

“Image kita di grup cocoklogi beda dengan yang sebenarnya ya pak, kita kawan dan saudara di dunia nyata…”

Selama 3 hari bersama Admin Cocoklogi, memberikan saya kesimpulan bahwa memang grup ini dijalankan oleh orang-orang yang tidak punya udang dibalik batu dalam mengelola grup, tapi lebih kepada memberi ruang bagi para penyuka dunia maya untuk bisa rehat sejenak dan tersenyum dengan bebas tanpa direcoki dengan berita dan postingan yang penuh dengan kepentingan golongan dan pemaksaan keyakinan akan sesuatu, Grup ini didesain dengan metode DISKUSI ALA CAFÉ, yang seru dalam diskusi namun santai dalam pemikiran, tetap muda dan tetap bebas dalam koridor kecerdasan pemikiran.

Satu Bocoran : Bahwa grup ini tanpa banyak bicara di media, telah berhasil menggagalkan potensi usaha Konspirasi Korupsi dan mencegah kerugian Negara untuk suatu analisa yang mengada-ada tentang harta terpendam di negeri tercinta ini, dan itu mereka lakukan dengan uang mereka sendiri. Uang dari para HAIL NGADEMIN COCOKLOGI SCIENCE.

Salam Rakjel.

Ocehanburung.

Foto – foto bersama ngademin.

20170422_06112120170422_152915

 

Ocehanburung

Seorang yang sangat memperdulikan keutuhan dan harga diri bangsanya...

One Comment

  1. Keren artikelnya. Saya baru gabung di akhir 2016, ini tempat persembunyian yg paling asyik dan tempat paling keren tanpa harus khawatir penilaian org lain. Tapi entah kenapa saya gak mau berbagi grup ini dg teman2 hahaha. Btw saya blon pernah posting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *