Senangnya ternak burung blackthroat

Burung blackthroat merupakan burung pengicau pemakan biji -bijian, belum lama ini kisaran bulan desember dan januari di pasar burung pramuka kedatanga...


Burung blackthroat merupakan burung pengicau pemakan biji -bijian, belum lama ini kisaran bulan desember dan januari di pasar burung pramuka kedatangan burung blackthroat bahan yang jumlahnya cukup banyak. Hanya dalam jangka yang cukup cepat burung blackthroat bahan cepat habis terjual. Saya mencoba membeli sepasang untuk mencoba ternak burung blackthroat.

Sebelum kita mencoba ternak burung blackthroat sebaiknya kita memahami sedikit dasar karakterisitik burung blackthroat. Burung blackthroat bersifat poligami sehingga bt jantan bisa dikawinkan dengan  betina lebih dari satu. Bukan hanya dengan sesama , pejantan blackthroat  bisa dikawinkan dengan burung pengicau jenis lain seperti burung kenari, herda sanger, mozambik dan juga gelatik.

Burung blackthroat memiliki postur tubuh hampir sama dengan herda sanger. Karenanya, banyak orang yang keliru mengenalinya. Yang paling utama yang membedakan burung blackthroat dengan burung sanger adalah warna hitam pekat pada leher/kerongkongan burung tersebut (oleh karena itu burung jenis ini disebut “blackthroat”) jantan dewasa dan bulu warna kuning di ekor burung blackthroat.

Perbedaan burung blackthroat jantan dan betina

Secara umum perbedaan burung bahan atau muda hutan  burung blackthroat jantan dan betina adalah sebagai berikut:

1. Burung  blackthroat jantan tegap, dengan panjang sekitar 12 cm,  untuk betina hampir sama tetapi cenderung berpostur bulat.

2. Burung  blackthroat jantan dewasa memiliki warna hitam pekat di tenggorokannya sedangkan untuk betina agak samar.

3. Burung  blackthroat  jantan berkepala besar, cenderung lonjong,  betina berkepala kecil dan bulat.

4. Burung  blackthroat jantan memiliki pen (kloaka) yang menonjol keluar dan ada tonjolan sebesar biji kacang hijau dengan bulu rawis.  betina berkloaka datar dan hanya ada lubang untuk keluar kotoran.

5. Burung  blackthroat jantan berparuh tebal,  betina berparuh tipis.

6. Burung  blackthroat jantan bersuara nyaring, ngerol dan lagu variatif.  betina memiliki suara kecil dan lagu monoton.

7. Burung  blackthroat jantan berleher jenjang,  betina berleher pendek.

Sekilas untuk harga burung blackthroat jantan dari Afrika, menurut pantauan kami kisaran harga Rp. 1 juta s/d 1.3 juta untuk burung blackthroat jantan sedangkan untuk  betina kisaran harga 750 ribu.

Setelah kita memahami karakteristik burung blackthroat barulah kita coba untuk menjodohkan, dalam masa penjodohan sebaiknya menggunakan kandang yang bersekat sehingga memudahkan burung blackthroat saling mengenal pasangannya.

Untuk di ketahui seandainya kita beli burung blackthroat di pasar burung yang belum kita tau kisaran umurnya lebih baik penjodohan menggunakan kandang bersekat, kisaran satu sampai dua minggu coba jadikan satu dan di pantau, jika burung blackthroat masih saling menyerang pisahkan kembali tapi jika tidak anda sudah menyatukannya.

Dikarenakan saat kita beli belum tahu umuran pasnya sebaiknya saat kita ternak burung blackthroat seperti kita merawat burung pengicau lainnya. Jika saatnya sudah tiba burung blackthroat dengan sendirinya akan kawin.

Saya mencoba metode ternak burung blackthroat seperti di atas dan saat ini sudah menghasilkan 1 ekor anakan burung blackthroat, sambil belajar dan mengamati prilaku indukannya , senangnya ternak burung blackthroat.

 

 

 

13 Responses to “Senangnya ternak burung blackthroat”

  1. [...] Contoh yang paling banyak saat ini di Indonesia adalah breeding burung kenari, lovebird, blackthrout yang aslinya adalah burung luar sedangkan untuk burung local adalah murai batu, jalak bali (yang [...]

Leave a Reply