Mempercepat burung bahan cucak ijo memakan voer

Burung bahan, alasan utama para penghobi ocehan burung  membeli burung bahan selain harganya lebih murah dan pemasteran dapat dilakukan sesuai dengan...


Burung bahan, alasan utama para penghobi ocehan burung  membeli burung bahan selain harganya lebih murah dan pemasteran dapat dilakukan sesuai dengan keinginan para penghobi “burung”.

Dalam pembelian burung bahan bukannya tanpa resiko, baik penghobi pemula ocehan burung maupun lama memiliki resiko yang sama yaitu kematian yang bisa mendadak atau karena kurang rawatan burung bahan nya. Saya coba berbagi tips yang saya dapat dari rekan – rekan dan biasa saya lakukan kepada burung bahan dan semoga para penghobi ocehan burung dapat menerapkannya.

Untuk burung bahan type burung pengicau hampir memiliki cara yang sama dalam mempercepat proses pengevoran selain perawatan lainnya untuk burung bahan.

Burung bahan cucak ijo

Biasanya para penghobi ocehan burung untuk alasan tertentu lebih memilih memakai pakan asli hutan nya berupa buah pisang untuk burung bahan cucak ijo, tapi saya coba memberikan tips yang saya berikan ke burung bahan cucak ijo saya sehingga cepat memakan makanan buatan atau voer.

Pertama, siapkan voer yang akan kita rencanakan untuk menjadi makanan utama burung bahan  lalu ambil kira-kira 2 takaran penuh dari tempat makan burung kemudian blender secara halus ( jadi tidak perlu malau lagi).

Untuk hari pertama masukan voer yang sudah diblender ke kantong plastik putih bening lalu masukkan pisang burung yang sudah dilepas dari kulitnya belah dua kemudian masukan pisang tersebut kedalam kantung  dan kocok  nantinya voer halus tersebut akan menempel dipisang, usahakan untuk hari pertama jangan terlalu banyak voer yang menempel kemudian taruh kembali pisang ke kulitnya dan siapkan. (catatan : extra food tetap diberikan ke burung bahan  sesuai setingan yang anda ingin kan).

Hari kedua dengan cara yang sama seperti hari pertama namun usahakan lebih banyak voer yang menempel.

Hari ketiga mulai masukan voer kasar satu sendok makan kedalam voer halus lalu diaduk kemudian masukkan pisang dan dibawah pisang mulai di taruh tempat makan burung dengan isi voer kasar.

Hari keempat masukkan kembali voer kasar 2 sendok makan ke dalam voer halus campur kembali dengan pisang.

Hari kelima masukkan kembali voer kasar 3 sendok makan ke dalam voer halus campur kembali dengan pisang.

Hari keenam masukkan kembali voer kasar 4 sendok makan ke dalam voer halus campur kembali dengan pisang.

Hari ketujuh masukkan kembali voer kasar 5 sendok makan ke dalam voer halus campur kembali dengan pisang dan seterusnya untuk hari – hari selanjutnya sampai isi kantung plastik lebih dominan voer kasarnya.

Untuk menjalani proses ini setingan extra food tetap diberikan sesuai setingan para penghobi ocehan burung dari hari pertama dan seterusnya.

Proses ini terus dilakukan sampai burung cucak ijo sudah terlihat mulai memakan voer dari tempat makannya, biasanya coba diperhatikan di hari ke enam atau ke tujuh coba jangan dikasih pisang burung bahan nya dan perhatikan 1 sampai 2 jam apakah burung bahan cucak ijo sudah mulai makan voer ditempatnya, jika sudah berarti proses pengevoran sudah berhasil dan pisang bisa diberikan sesuai kebutuhan atau setingan anda.

Jika belum lanjutkan terus sampai masuk minggu kedua dan lakukan hal yang sama seperti hari keenam/ketujuh sampai terlihat burung bahan anda memakan voer buatan. Semoga sukses ya..

Burung bahan cucak ijo saya berhasil saya berikan makanan buatan atau voer dalam variasi hari, ocehan burung cucak ijo saya yang pertama mulai mau makan voer di hari ke tujuh sedangkan burung bahan saya yang kedua mulai makan voer di minggu kedua.

Tentunya tips ini juga sudah diketahui oleh para penghobi lama ocehan burung, karena saya pun belajar dari teman – teman saya juga. semoga tulisan ini bisa berguna untuk para penghobi ocehan burung baru.

Leave a Reply