Jenis Burung love bird yang disukai penghobi

Burung cinta atau lovebird adalah satu burung  dari sembilan jenis spesies genus agapornis (dari bahasa Yunani agape yang berarti cinta dan ornis y...


Burung cinta atau lovebird adalah satu burung  dari sembilan jenis spesies genus agapornis (dari bahasa Yunani agape yang berarti cinta dan ornis yang berarti burung). Mereka adalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial. Delapan dari spesies ini berasal dari afrika, sementara spesies “burung cinta kepala abu-abu” berasal dari madagaskar. Nama mereka berasal dari kelakuan yang umum diamati bahwa sepasang burung lovebird akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Sifat pasangan burung lovebird adalah monogami di alam bebas.

Awalnya, burung jenis lovebird dipelihara  karena keindahan warna bulunya. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan  dilombakan  di lomba burung pengicau karena kekhasan suara-suara yang panjang, selain itu jenis lovebird juga di pakai sebagai pemasteran “burung bahan” atau burung jadi  ataupun diternak kembali oleh penghobi burung.

Secara tradisional, jenis burung lovebird terdiri dari tiga grup besar:

1. Grup dimorfic (berpenampilan fisik beda antara jantan dan betina): Madagascar, Abyssinia dan Red-headed Lovebird
2. Grup menengah: Peach-faced Lovebird
3. Grup kacamata :  Fischer’s, black-masked, Liliane (Nyasa) dan Black-cheeked Lovebirds

Di Indonesia, saat ini yang sangat popular adalah jenis burung lovebird dalam grup kaca mata, hampir penghobi burung pengicau baik pemula maupun lama mencari burung bahan untuk dipelihara sebagai masteran atau dimaster tergantung keinginan para penghobi burung pengicau.

 

1.     Jenis burung Lovebird kacamata Fischer

Burung Lovebird kacamata fischer memiliki Panjang 15 cm, berat 42-58 gram.

Burung lovebird kaca mata fischer dewasa: Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kekuningan pada tubuh bagian bawah; dahi, pipi dan kerongkongan berwarna merah oranye; bulu di bagian kepala lainnya berwarna hijau pudar; bagian atas dada dan kerah sekitar leher berwarna kuning; bagian atas ekor berwarna biru muda; bagian bawah sayap berwarna biru dan hijau; ekor berwarna hijau; lingkar di sekeliling mata berwarna putih; paruh berwarna merah; iris berwarna cokelat; kaki berwarna abu-abu muda.

Burung lovebird kaca mata fischer termasuk jenis lovebird yang mudah dikembangkan. Para penghobi burung pengicau sangat sulit untuk membedakan antara jenis lovebird jantan dan betina .

Warna mutasi jenis lovebird kaca mata fischer adalah jenis lovebird kaca mata fischer biru dan jenis lovebird kaca mata fischer kuning. Persilangan antara jenis lovebird kaca mata fischer dengan jenis lovebird kaca mata nyasa menghasilkan warna mutasi lutino dan albino.

 

2. Jenis burung Lovebird kaca mata topeng (black-masked)

 

Burung Lovebird kacamata topeng atau lebih dikenal jenis lovebird dakocan memiliki panjang 14,5 cm, berat 43-47 gram.

Burung  lovebird kaca mata topeng dewasa: Bulu umumnya berwarna hijau; lebihdahi, lorus, ubun-ubun, dan pipi bagian depan berwarna hitam kecoklatan; bulu di bagian kepala lainnya berwarna kehitam-hitaman pudar; kerongkongan   berwarna oraney kemerahan; bagin atas dada dan kerah di sekeliling leher berwarna kuning; bulu ekor berwarna hijau; lingkar di sekeliling mata berwarna putih; paruh berwarna merah; iris berwarna cokelat; kaki berwarna abu-abu.

Jenis lovebird kaca mata topneg termasuk jenis lovebird yang mudah dikembangkan. Antara jenis lov bird jantan dan jenis lovebird betina relatif sulit dibedakan oleh para penghobi burung pengicau.

Warna mutasi jenis lovebird kaca mata topeng adalah jenis lovebird kaca mata topeng  warna biru.

  3. Jenis Burung lovebird kacamata nyasa

Burung  lovebird kacamata nyasa memiliki panjang 13,5 cm, berat 28-37 gram.

Burung  lovebird kaca mata nyasa dewasa: Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kekuningan pada tubuh bagian bawah dan tunggir; dahi dan kerongkongan berwarna merah oranye dan menjadi warna merah muda kekuning-kuningan pada bagian mahkota, lorus, pipi dan bagian atas dada; bulu ekor berwarna hijau; lingkar di sekeliling mata berwarna putih; paruh berwarna merah tua; iris berwarna cokelat kemerahan tua; kaki berwarna coklat keabu-abuan.

Jenis lovebird kaca mata nyasa dapat dipelihara secara berkelompok. Antara lovebird jantan dan lovebird betina relatif sulit dibedakan oleh penghobi burung pengicau.

Warna mutasi jenis lovebird kaca mata nyasa adalah jenis lovebird kaca mata nyasa lutino (lovebird lutino).

   4. Jenis burung lovebird kacamata pipi hitam (Black-chekeed)

Burung  lovebird kacamata pipi hitam memiliki panjang 13,5 cm, berat 36-52   gram.

Burung jenis lovebird kaca mata pipi hitam dewasa: Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kekuningan pada tubuh bagian bawah dan tunggir; dahi dan ubun-ubun depan berwarna coklat kemerahan; ubun-ubun belakang   dan tengkuk berwarna hijau kekuningan   tua; lorus, kerongkongan, dan pipi berwarna hitam kecoklatan, bagian atas dada berwarna merah oranye pucat; ekor berwarna hijau; lingkar di sekeliling mata berwarna putih; paruh berwarna merah tua; iris berwarna cokelat; kaki berwarna coklat keabu-abuan.

Burung lovebird kaca mata pipi hitam   secara umum sulit didapat di pasaran karena burung ini sudah dibatasi untuk tujuan ekspor dari negara asalnya. Burung ini bisa dipelihara secara berkelompok bahkan dicampur dengan burung lain oleh para penghobi burung pengicau.

Warna mutasi jenis lovebird kaca mata pipi htam adalah jenis lovebird kaca mata pipi hitam kuning (lovebird kuning).

Burung lovebird mulai berkembang pesat saat ini di indonesia sebagai burung pengicau karena suara nya yang khas dan kencang, biasanya para penghobi burung pengicau memakai burung bahan sebagai burung yang dimasterkan suara burung lain atau dipelihara untuk digunakan sebagai burung master bagi burung pengicau yang lain.


12 Responses to “Jenis Burung love bird yang disukai penghobi”

  1. [...] Contoh yang paling banyak saat ini di Indonesia adalah breeding burung kenari, lovebird, blackthrout yang aslinya adalah burung luar sedangkan untuk burung local adalah murai batu, jalak [...]

Leave a Reply