NET. dan Tayangan Kreatif terbarunya…

NET. Memang ga ada matinya. TV yang terbilang belum beranjak dewasa ini sudah bisa merebut hati jutaan pemirsanya. Image yang keren, kekinian dan selalu beda dalam menyuguhkan acara, membuat NET. Selalu saja membawa warna lain bagi pemirsa setia media layar kaca.

Fresh, Smart, dan Modern sepertinya memang NET. Persiapkan untuk setiap tampilannya. Acara yang selalu saja punya warna dari setiap sajiannya membuat acara yang NET. Tampilkan selalu saja mampu untuk menahan jari agar tidak cepat-cepat memencet kembali tombol remote untuk mencari channel yang lain.

Tidak terkecuali dengan tiga tayangan baru yang saya mendapat kesempatan untuk ikut menghadiri press conferencenya. Tiga TV series yang sepertinya akan menjadi andalan NET. untuk mengukuhkan dirinya menjadi Stasiun TV yang lain dari yang lain ini, sudah mulai tayang dan akan mulai tayang dalam waktu dekat ini.
1. TV Series PATRIOT.
(Setiap Senin. Pukul 20.30)

Patriot

Sebuah serial TV  yang mengangkat tema bagaimana kehidupan para prajurit ketika harus mengemban tugas bangsanya yang dilihat dari berbagai sisi. Baik keluarga, mental, orang tua dan sisi lainnya. Tayangan ini diharapkan bisa memberi gambaran pada masyarakat umum bahwa seorang prajurit juga manusia biasa yang memiliki kehidupan untuk dirinya. Namun yang membedakan adalah kadar cinta tanah air dan tekad menjaga kedaulatan bangsa yang jelas mereka junjung lebih tinggi dari yang lainnya.

Kebetulan saya berkesempatan menonton episode pertamanya kemarin. Kesan pertama yang muncul adalah sepertinya akan ada setting situasi yang mirip dengan film kepahlawanan seperti film Rambo, yang mana para patriot akan di tugaskan untuk membebaskan penduduk sebuah desa yang dikuasai penjahat. Mirip ketika Rambo diminta tolong untuk melepaskan para sandera yang di sekap disuatu tempat. Bedanya, Rambo berjuang sendirian,  tapi Patriot nanti sepertinya tidak sendiri. Semoga saja Patriot tidak terjebak pada setting film luar negeri yang nanti malah akan membuat cita rasa dari sinetronnya biasa saja.

Tapi patut ktia apresiasi dan beri acungan jempol untuk keberanian NET. untuk mendobrak kebosanan dan kejenuhan yang sudah memuncak untuk sinetron-sinetron lain yang sudah tidak jelas arahnya itu.

2. Sitkom KELAS INTERNASIONAL
(Senin – Jumat. Pukul 17.00)

Kelas

Terus terang, buat saya ini memang sitkom dengan ide yang orisinil. Mempertemukan orang-orang dengan latar belakang yang jauh berbeda baik dari adat dan terutama bahasanya adalah hal yang pasti akan menimbulkan kerancuan dan disitulah akan timbul pula kelucuan jika kita berfikir baik pada setiap perbedaan.

Mis-komunikasi adalah plot besar yang digadang NET. Untuk sitkom ini, Salah faham dan kesulitan untuk mengerti adalah hal yang paling bisa mengundang senyum dan penasaran. Dan itu semua cukup apik jika dilihat dari sisi skenarionya.

Tapi sayangnya, menurut saya Tara kurang pas untuk memerankan sebagai guru (maaf ini opini personal). Karena selain suara kurang berwibawa sebagai guru yang notabene bertanggung jawab untuk mendidik semua orang asing. Juga wajah yang (maaf) kurang mencerminkan guru, juga jadi faktor penentu kurang “sreg”nya sinetron ini, ditambah dengan para orang asing yang beberapa diantaranya over acting yang dengan tujuan agar terkesan benar-benar buta akan bahasa dan budaya indonesia, justru membuat akting mereka menjadi kurang natural. Saya juga tidak tau bagaimana seharusnya berakting, tapi setidaknya itulah yang saya rasakan ketika menonton sitkom ini.

Jika boleh memberi saran, untuk tokoh guru mungkin bisa di pakai aktor Andre Taulani. Yang saya kira mampu dengan cepat merubah karakternya dari serius menjadi kocak sehingga bisa tetap menjaga image seorang guru. Tapi itu cuma saran. Secara keseluruhan, sitkom “kelas internasional” adalah sebuah terobosan besar setelah NET. Setelah Sukses menayangkan “Tetangga masa gitu” yang dibintangi chelsea islan. Dan saya kira, “kelas internasional” akan sulit utk menandingi sitkom “tetangga masa gitu” walau dua-duanya memiliki kelasnya yang orisinil dari sisi ide cerita. Karena image chelsea islan dan shopia latjhuba begitu kuat menyedot perhatian pemirsanya. 
Tapi Kita lihat kedepannya, semoga kelas internasional mampu menemukan trik agar bisa ikut mencuri hati pemirsa.

3. TV Series ENIGMA
(Setiap Sabtu. Pukul 21.30)

Enigma

Episode pertama sudah ditayangkan. Dan cukup membuat saya meletakkan remote tv agar bisa fokus menontonnya. Saya memang penyuka tv series yang bergenre Misteri, detektif, dan pemecahan kasus. Dan Enigma memang membawa genre tersebut pada tiap episodenya nanti.

Episode pertama saya cukup puas, tapi saya takut, seperti penulis skenario indonesia pada umumnya (kecuali penulis skenario Para Pencari Tuhan di TV lain, yang saya acungi jempol utk tetap bisa terus menjaga stabilitas kualitas tinggi ceritanya hingga Season 10nya). Suatu saat penulis skenario seri Enigma ini akan kehabisan ide dan TV series Enigma akan sampai pada titik jenuhnya dalam waktu yang tidak begitu lama. Karena sepengetahuan saya, adalah sangat sulit utk mencari bahan untuk film pemecahan sebuah kasus.
Semoga NET. bisa mendeteksi gejala ini dalam perjalanan tayangannya nanti.

4. Music challenge THE REMIX
(Mulai 1 Oktober 2015)

Remix

Terus terang, DJ buat saya imagenya hanya merupakan pengantar bagi seseorang untuk menikmati hobby keluar malamnya, tidak lebih dari itu. Tapi di prescon NET. Kemarin, saya berhasil di yakinkan bahwa DJ bukanlah hanya mencampur-campur sembarang suara dan menghentak-hentakkannya saja.

“DJ jugalah Musisi…”

Kehebatan seorang DJ adalah ketika dia berhasil mencampur beberapa irama termasuk lagu, Menjadi sebuah irama yang lain yang jauh lebih nyaman untuk didengarkan. Dan The Remix mencari DJ yang mampu berbuat demikian. Sepertinya, acara The Remix ini akan bisa merubah image DJ menjadi sebuah bagian dari kekayaan musik yang patut diperhitungkan. Semoga saja.

Akhir kata. Sukses untuk NET. Dan tetap istiqomah pada jalur yang sudah benar dan baik ini. Jangan sampai terbeli oleh kepentingan-kepentingan yang bisa membuat bangsa ini menjadi jauh lebih buruk.

“Cukup mereka saja, tapi tidak untuk NET.”

BRAVO NET.!!!
Note : Saya punya cerita yang sebagian sudah saya tuangkan dalam tulisan saya yang bergenre petualangan ala Indiana Jones yang berlatar belakang pencarian Harta Karun Soekarno. Plot yang saya punya cukup detil karena saya dapat dari riset iseng selama 2 tahun di Bogor. Tepatnya di batu tulis.

Jika Net ingin lebih beda. Saya rasa cerita adventure ala indiana jones versi saya itu layak untuk diangkat menjadi sebuah serial TV. Saya optimis bisa memikat pemirsa tv dengan baik.

Judulnya :

Misteri Prasasti Batu Tulis.

Soooo…. sekali lagi..

Bravo buat NET. !!!

Salam ocehanburung.

Ocehanburung

Seorang yang sangat memperdulikan keutuhan dan harga diri bangsanya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *