Burung Pengicau di Indonesia

Burung pengicau  atau Passeriformes adalah ordo terbesar dalam kelas Burung atau Aves di kerajaan Hewan atau Animalia. Sekitar 5.400 spesies ata...


Burung pengicau  atau Passeriformes adalah ordo terbesar dalam kelas Burung atau Aves di kerajaan Hewan atau Animalia. Sekitar 5.400 spesies atau lebih dari setengah jumlah total spesies adalah Burung pengicau .

Spesies Burung dalam ordo Burung pengicau  mempunyai otot yang rumit untuk mengatur organ suaranya dan sebagian besar burung-burung dalam ordo ini mempunyai ukuran tubuh relatif lebih kecil dibandingkan burung-burung dalam ordo lainnya.

Indonesia adalah satu Negara dimana rakyatnya sangat menyukai untuk memelihara Burung pengicau .

Burung

Adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap.

Jenis-jenis burung  pengicau begitu bervariasi,  Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis burung di antaranya ditemukan di Indonesia. Sebagian besar adalah jenis burung pengicau.

Kebanyakan burung pengicau yang sudah dipelihara manusia memiliki cara rawatan masing – masing.

Burung dan manusia

Burung pengicau telah memberikan manfaat luar biasa dalam kehidupan manusia. Beberapa jenis burung pengicau saat ini sangat membantu si peternak/pemelihara burung pengicau itu sendiri. Karena secara ekonomi dapat menghasilkan penghasilan yang sangat baik.

Distribusi

Burung hidup dan berkembangbiak pada sebagian besar habitat darat dan populasi tertinggi  terdapat di wilayah tropis contohnya Indonesia.

Banyak spesies burung pengicau yang telah membangun populasi perkembangbiakan di wilayah mereka yang di bantu oleh manusia. Contoh yang paling banyak saat ini di Indonesia adalah breeding burung kenari, lovebird, blackthrout yang aslinya adalah burung luar sedangkan untuk burung local adalah murai batu, jalak bali (yang satu ini sangat membantu populasi jalak itu sendiri yang semakin punah).

Macam-macam burung pengicau yang digemari pemelihara  di Indonesia :

 

Ancaman

Indonesia menjadi pemilik dari 1.594 jenis spesies  dan menjadi negara ke lima terbesar dunia dari 10.000 jenis satwa itu yang kini berkembang biak. Hanya saja populasi yang banyak itu kini terancam punah akibat rusaknya habitat mereka yang menjadi tempat berkembang biak dan mencari makanan. Kini hampir sebagian burung pengicau di indonesia terancam punah karena habitatnya terusik kegiatan manusia.

Semisal, cendrawasih papua dan jalak bali  yang mulai sulit terlihat dipopulasinya,  untuk jalak bali sudah dimulai diternak oleh pencinta burung pengicau di Indonesia dan jika penghobi ingin memilikinya diharuskan izin penakaran  dan memeliharanya.

Leave a Reply