Mind Mapping untuk Mengambil Keputusan

Mapping

Senin Malam 4 September 2013, saya mendapat pengarahan cukup bagus dari atasan saya. Pengarahan itu untuk membimbing kita agar dapat terstruktur dalam proses pengambilan keputusan. Terstrukturnya kita dalam proses pengambilan keputusan, akan membuat keputusan yang kita ambil bisa berhasil maksimal sesuai dengan yang diinginkan dan beresiko terukur sehingga keputusan bisa diperanggung jawabkan dan diaplikasikan dengan baik dari segala sisi yang mempengaruhinya.

Jika kita ingin memutuskan, seberapa penting dan seberapa bermanfaat sesuatu itu untuk di wujudkan, maka berikut adalah langkah yang harus kita lakukan :

Ada 3 langkah besar yang bisa kita lakukan :

  1. Analyzing : Adalah proses menganalisa (mem-breakdown), agar kita bisa meneliti lebih dalam dan satu persatu, apa maksud, tujuan dan manfaat dari sesuatu yang akan kita putuskan.
  2. Syntesizing : Adalah proses Mensintesa (menyatukan kembali) apa yang sudah kita Analisa. Proses menyatukan kembali atau memfinalkan dari maksud, tujuan dan manfaat dari sesuatu yang akan putuskan sebaiknya disertai dengan menambahan atau peningkatan atau manfaat dari sesuatu yang bisa mempermudah keputusan kita.
  3. Valueing : Adalah Proses memilih atau memberi penentuan final dari maksud, tujuan dan manfaat dari sesuatu yang akan kita putuskan. Apakah itu tergolong sangat penting, seharusnya, atau sekedar mungkin saja untuk dilakukan.

Sekarang mari kita rinci satu persatu untuk bisa melakukan 3 langkah diatas dengan sistematis

Analyzing :

Terdiri dari 2 hal : Define Object dan Collect Information

Define Object : menentukan maksud, tujuan dan manfaat dari keputusan yang akan kita ambil.

Collect Information : mencari Informasi tambahan atau informasi penting lainnya yang belum terdeteksi pada ide awal, sebagai faktor penguat atau pendukung pada keputusan yang akan kita ambil.

Syntesizing :

Terdiri dari 2 hal : Develop Option serta Evaluate and Decide

Develop Option adalah hasil dari proses membreakdown sesuatu yang akan menjadi keputusan untuk mengetahui segala kemungkinannya, yang menghasilkan lebih banyak faktor pendukung dari setiap pilihan yang akan menjadi keputusan, sehingga akan mempermudah untuk memilih mana keputusan terbaik.

Evaluate and Decide adalah proses mengevaluasi dari faktor-faktor pendukung yang dihasilkan untuk semua pilihan, untuk memutuskan mana pilihan terbaik dengan faktor pendukung yang terlengkap yang bisa menghasilkan keputusan terbaik.

Valueing :

Terdiri dari 3 hal : Implement, Monitor Concequence, dan Sense Effect

Implement adalah proses menerapkan segala aturan atau kebutuhan yang bisa mendukung dari sesuatu keputusan, agar keputusan yang diambil bisa berdampak maksimal sesuai yang diinginkan.

Monitor Consequence adalah proses bagaimana kita bisa waspada dan memonitor benar terhadap konsekuensi dari keputusan yang kita ambil dan konsekuensi aturan-aturan dari keputusan tersebut untuk segala sisi yang mempengaruhinya. Pemahaman lebih dini untuk memonitor akan konsekuensi yang timbul dari suatu pengambilan keputusan, akan sangat membantu kita untuk dapat mengetahui lebih dini dari konsekuensi tersebut sehingga kita lebih siap untuk menerimanya agar keputusan yang diambil bisa kembali berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Sense effect adalah proses bagaimana kita bisa merasakan lebih dulu apa dampak yang akan dihasilkan dari keputusan kita. Apakah keputusan itu akan menghasilkan Efek yang Sangat Penting, atau hanya Seharusnya saja atau Cuma mungkin saja. Atau dengan kata lain, apakah hal yang akan kita putuskan itu akan bersifat MUST ?? SHOULD?? Ataukah MIGHT??

Dari uraian diatas dan dengan Mind Mapping seperti demikian, maka kita dapat mengetahui seberapa baik, seberapa penting dan seberapa bermanfaat Keputusan yang kita ambil.

Semoga dari kita semua bisa menghasilkan keputusan terbaik pada diri kita, karena apapun yang kita putuskan hari ini, detik ini, maka ia akan berpengaruh bagi masa depan kita.

Ocehanburung

Seorang yang sangat memperdulikan keutuhan dan harga diri bangsanya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *