Kasus yang menimpa Habib Riziek tidak bisa disamakan dengan Kasus Ahok

Kasus yang menimpa Habib Riziek tidak bisa disamakan dengan Kasus Ahok

Menyedihkan jika ada umat yang dengan percaya dirinya mengatakan bahwa Ahok dan Habib Riziek sama saja karena sama-sama berkata kasar dan harus dipertanggungjawabkan oleh masing-masing. Buat saya hal ini tidak lebih dari usaha mereka untuk mengaburkan apa inti, arti dan tujuan dari dipidanakannya Ahok saat ini.

Saya sebetulnya malas untuk menerangkan dimana perbedaannya dan mengapa Kasus Ahok layak untuk di meja hijaukan sedangkan kasus Habib Riziek tidak layak untuk di besar-besarkan. Tapi biarlah saya menjelaskan di satu tulisan ini saja dan silahkan anda menyebarkannya pada orang-orang yang masih tertutup hatinya, walaupun saya yakin mereka tidak akan menjadi berubah fikiran setelah membaca ini, namun setidaknya kita sudah menunaikan kewajiban kita untuk memberitahu dan meluruskan sesuatu yang selama ini dipelintir sampai hampir patah.

Perbedaan antara Kasus Ahok dan Kasus Habib Riziek

  1. Ahok bicara soal agama pada acara kunjungan kerja. Sedangkan Habib Riziek soal keadaan agama islam pada saat beliau ceramah keagamaan.
  2. Ahok menafsirkan sesuatu yang dia sendiri memang sudah tidak mempercayainya karena yang dia bahas bukan soal agama yang dia anut. Sedangkan Habib Riziek membahas hal yang bernar-benar dia fahami dan dalami untuk disampaikan kepada umat.
  3. Ahok berbicara didepan orang-orang yang heterogen dan tema yang sama sekali berbeda dengan konteks pembicaraan yang dia bawakan, sehingga akan sangat mungkin menimbulkan persepsi dan pemahaman yang berbeda bagi setiap orang sehingga akan sangat mungkin menimbulkan konflik. Sedangkan Habib Riziek bicara pada umat yang homogen yang sebagian besar adalah pengikut habib Riziek yang sudah mengerti dan memahami gaya ceramah yang Habib Riziek bawakan sehingga tidak akan ada konflik yang timbul atas semua yang Habib Riziek sampaikan kepada jama’ahnya.
  4. Ahok berbicara soal agama yang bukan agamanya. Sedangkan Habib Riziek ceramah tentang persoalan agama yang dianutnya.
  5. Ahok membahas sesuatu yang bukan pada tempatnya (agama dibahas pada kunjungan kerja). Sedangkan Habib Riziek membahas sesuatu yang memang berkaitan dengan ceramah yang dia sampaikan. Dan sekali lagi… HOMOGEN!

Dari 5 perbedaan diatas, jelas bisa disimpulkan bahwa apa yang dilakukan Ahok jelas sangat berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Habib Riziek. Kasus ini tidak bisa dianggap sama dan tidak serta-merta bisa menyamakan Habib Riziek dengan Ahok.

Lalu kalo soal skandal dengan wanita bernama Firza itu, Kalau soal ini, memang senjata usang mereka untuk meruntuhkan nama baik orang-orang yang tidak mereka senangi. Saya cuma bisa berdoa agar yang terbaik yang terjadi untuk Habib Riziek dan mampu melewati semua ujian ini.

Salam Ocehanburung.

Ocehanburung

Seorang yang sangat memperdulikan keutuhan dan harga diri bangsanya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *