Surat Terbuka untuk Basuki Tjahaja Purnama

Pak Basuki,

textgram_1460964183

Kenalkan, saya Ocehanburung, seorang blogger biasa, yang seringkali tulisannya sulit muncul di Google search karena jarang sekali pengunjung. Saya bukan pecinta anda pak, bahkan dari sejak awal saya sudah tidak menyukai anda karena gaya bicara dan sikap anda yang menurut saya kurang apik untuk diikuti sebagai seorang pemimpin. Kritik saya soal gaya bicara anda dan sepak terjang anda yang bisa dibilang “membabi-buta” sangat membahayakan kerukunan antar masyarakat yang sudah kami pupuk selama puluhan tahun.

 

Saya khawatir dengan sepak terjang anda yang terlalu menonjol dan memposisikan diri sebagai “pemeran tunggal” atau “one man show” dalam selimut tema yang sangat seksi yaitu “berusaha membenahi Jakarta”, akan mendulang efek samping yang berbahaya bagi kerukunan antar masyarakat Indonesia yang majemuk ini.

 

Saya mengkhawatirkan sikap anda yang dikenal oleh pecinta anda dengan “tidak kenal takut” tapi menurut saya justru lebih seperti “Krisis cara berkomunikasi” akan membawa Jakarta tidak menjadi lebih baik tapi justru akan membuat terpecah. Saya tidak menginginkan itu.

 

Pak Basuki yang terhormat, tolong dimengerti kata “terhormat” adalah orang-orang yang memang layak untuk dihormati, dihargai dan dipanuti. Mungkin anda tidak menginginkan atau tidak mengharapkan itu semua, karena seringkali anda berbicara dipublik bahwa anda lebih senang dibilang (maaf) anjing penjaga uang rakyat daripada seorang pemimpin yang amanah. Tapi kita sebagai manusia harus menjaga apa yang sebetulnya sangat penting untuk diperhatikan dan sudah menjadi kodrat kita menjadi manusia, karena saat ini setiap langkah anda sudah menjadi konsumsi publik, Bicara, keputusan dan sikap yang anda ambil akan menjadi contoh bagi orang-orang yang menyaksikannya.

 

Mungkin anda tidak memikirkan itu, karena anda sibuk dengan pempertontonkan sajian utama “One Man Show” anda. Anda sibuk memerankan diri sebagai superhero bagi para pecinta anda yang mulai buta dengan sekelilingnya dan efek samping yang tidak jarang berakibat negatif dari keputusan yang anda buat. Tolong sadarlah pak…

 

Setidaknya ada 1 efek samping besar yang akan anda akibatkan jika anda tetap mempertahankan sikap dan tingkah laku anda saat ini :

 

“Terpecahnya Masyarakat dengan membedakan antara warga keturunan dan warga asli Indonesia. Ini akan menjadi awal bencana…”

 

Dengan kekhawatiran tersebut, saya menyarankan hal-hal berikut kepada anda :

 

  1. Hal ini yang tidak pernah saya lelah menganjurkan, Rubah gaya bicara anda dan sikap koboy anda. Mungkin anda akan tertawa dengan anjuran saya ini, tapi ini merupakan hal yang menurut saya bisa menjadi bumerang buat anda. Karena sesuai ajaran agama saya, bahwa sesuatu yang baik dan benar, harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar juga.

 

  1. Jangan terlalu mempertontonkan One Man Show atau pahlawan tunggal, rangkul orang-orang bukan warga keturunan yang memang anda percaya mereka masih bersih yang selama ini membantu anda dalam bekerja. Tunjukkan dan perlihatkan mereka pada media dan masyarakat lainnya bahwa anda tidak sendiri dalam bekerja selama ini. Ini penting untuk menjaga keseimbangan persepsi masyarakat.

 

  1. Perbaiki metode komunikasi anda, jangan mudah “menyatakan perang” pada orang yang menurut anda menghalangi ide anda untuk jakarta, utamakan diskusi, musyawarah dan mufakat serta memperhatikan semua aspek yang bisa berakibat dari sebuah keputusan.

 

  1. Saya tidak menyangkal bahwa banyak pejabat yang korup dinegara ini, tapi seharusnya hal tersebut tidak serta merta menjadi senjata utama anda menyerang kebijakan mereka yang berseberangan dengan anda. Contoh : bahwa Hasil Audit BPK tidak serta merta ngaco hanya karena pemimpin BPK masuk kedalam Panama Papers. Justru pemikiran ini yang ngaco dan bisa membahayakan pola pikir para pecinta anda dan akan membuat mereka keliru dalam berfikir. Kasihanilah mereka pak. Jangan cuci otak mereka. Dengan kata lain, “Satu kesalahan tidak serta merta menghapuskan kebenaran yang lain”

 

  1. Jika anda ingin benar-benar memajukan jakarta dengan cara yang benar tanpa ada maksud terselubung dibelakangnya, maka hentikan proyek Reklamasi, atau jika proyek itu dengan alasan untuk membangun Giant Sea Wall, Maka bangun GSWnya saja dengan uang negara. Tidak usah menimbun pantai yang seharusnya milik warga jakarta.

 

  1. Dan yang terakhir, saya Mohon anda jangan menjadi besar kepala karena media dan seolah banyak pendukung KTP untuk anda. Tetap rendah hati, menjaga perasaan orang lain dan tidak kebablasan dalam bertindak, adalah yang harus anda jaga saat ini. Jangan sampai melukai dan menyinggung mereka yang saat ini sudah dalam titik kebingungannya tentang anda, apalagi pasca penggusuran Kampung Luar Batang yang saat ini masih meninggalkan luka dan protes dari berbagai elemen masyarakat.

 

Jika hal-hal tersebut tidak anda segera lakukan, dan anda masih keras dengan sikap Koboy anda, maka anda semakin meyakinkan saya bahwa ada hidden agenda dari setiap sikap kontroversial anda. Entah anda ingin menutupi apa dibalik sikap Provokatif yang sangat aktif anda lakukan. Yang jelas, sikap Kontroverial anda sangat berhasil mencuri perhatian sehingga banyak orang yang terlena dan tidak memperhatikan serta mencermati efek sampingnya.

 

Jadi pak Basuki, buktikan sebesar apa cinta anda pada Jakarta dan rakyat didalamnya, jangan sampai mereka terpecah, atau anda hanya ingin menjadikan jakarta panggung show anda untuk posisi lebih tinggi??

 

Dan percayalah, jika anda tidak merubah gaya dan sikap anda dalam memimpin jakarta, Pilkada nanti anda tidak akan terpilih.

 

“Jika Cinta NKRI, maka jagalah kemajemukannya, dengan menghargai setiap adat dan budaya yang ada didalamnya…”

 

Salam Ocehanburung.

Ocehanburung

Seorang yang sangat memperdulikan keutuhan dan harga diri bangsanya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *