Penerapan Sistem Satu Arah (SSA) di Bogor dan Mitos yang menyelimutinya.

Penerapan Sistem Satu Arah (SSA) di Bogor dan Mitos yang menyelimutinya.

Tusuk sate

Sebelumnya, saya ingin menekankan bahwa ini hanyalah pemikiran iseng saya saja yang kebetulan cocok dengan apa yang terjadi pada arus yang diakibatkan oleh sistem satu arah yang di berlakukan di kota Bogor beberapa hari ini. Dan beginilah pemikiran iseng tersebut.

 

Sejak 2006 saya tinggal di bogor dan entah sudah berapa kali saya melewati jalan arah dari air Mancur menuju Istana Bogor. dan satu hal dari jalan tersebut yang selalu saja meresahkan saya soal pintu gerbang Istana Bogor. ya, Pintu gerbang utama istana bogor itu termasuk kedalam bangunan yang yang disebut dengan Tusuk Sate.

 

Mungkin ada baiknya jika saya bercerita sedikit tentang mitos Rumah yang termasuk Tusuk Sate.

 

Rumah yang termasuk tusuk sate adalah rumah yang berada tepat ditengah Jalur T, rumah terkesan menutup jalan tersebut sehingga menjadi buntu. Menurut kepercayaan masyarakat, rumah yang termasuk tusuk sate akan membawa sial, akan membuat para penghuninya mudah panas, sehingga suami istri sering bertengkar. Rumah tusuk sate juga dipercaya akan memicu ketidak cocokan dengan tetangga sekitar. Selain itu kepercayaan lain adalah bahwa Rumah tusuk sate akan sering tertimpa Musibah, angker, sial dan beraura panas dan lain sebagainya.

 

Salah satu resiko rumah dengan posisi Tusuk sate adalah jika ada kendaraan yang melaju didepannya maka akan langsung bisa menerobos masuk dan yang pasti kaan membahayakan penghuninya. Dan juga, secara feng sui, rumah tusuk sate memang memiliki unsur negatif walaupun ada sebagian ayng beranggapan bahwa rumah tusuk sate memiliki aliran angin lebih besar dirumahnya sehingga sirkulasi udara lebih baik.

 

Dari hal tersebut diataslah saya memiliki pemikiran bahwa gerbang utama istana bogor ini termasuk bangunan tusuk sate yang menurut kepercayaan sebagian orang dan masih diikuti walau hanya sebatas budaya untuk sedapat mungkin tidak membeli rumah atau bangunan dengan type seperti itu.

 

Lalu apa hubungannya diberlakukannya SSA dengan mitos bangunan Istana Bogor yang termasuk kedalam bangunan tusuk sate tersebut ??

 

Hmmm… begini, seperti saya uraikan diatas bahwa salah satu kekurangan rumah tusuk sate adalah dengan mudahnya mobil yang melaju bisa langsung masuk kedalam rumah dan bisa membahayakan penghuninya. dan inilah yang saya fikirkan setiap saya berhenti didepan lampu merah gerbang utama istana bogor. mobil dan kendaan lain sangat tepat menghadap pintu utama gerbang istana bogor, dan menurut kepercayaan itu sangat tidak baik.

 

Naaahh… Sistem Satu Arah yang diberlakukan di bogor beberapa hari ini menghilangkan itu semua. Kendaraan tidak lagi diperbolehkan menuju arah pintu utama istana jika mereka dari arah Air mancur. Semua kendaraan di arahkan untuk membelakangi pintu utama istana dan tidak lagi menuju kearahnya.

 

Dengan kata lain. SSA membuat laju lalu lintas tidak lagi melaju kearah pintu istana namun bergerak membelakanginya. Dan ini memang salah satu metode untuk mengurangi kurang baiknya mitos bangunan tusuk sate. Agar rumah tusuk sate terhindar dari aura negatifnya.

 

Entah ini ada hubungannya atau tidak dengan kepercayaan dari penghuni bangunan tusuk sate yang saat ini mendiami bangunan tesebut, sehingga Bogor di berlakukan sistem yang baru-baru ini di berlakukan dengan tujuan yang menurut saya masih belum jelas.

 

Jika alasanannya untuk Mengurai macet?? Saya kira, masih banyak usaha yang lebih jitu daripada hanya sekedar memutar-mutar kendaraan yang lewat disana.

 

Yang jelas sih. Menurut saya pribadi, entah disengaja atau tidak, tapi ini memang memiliki impact terhadap mitos Bangunan tusuk sate Istana Bogor. yaaaa semoga saja, bagi yang mempercayainya sistem SSA ini dan yang berpengaruh berkurangnya mitos Bangunan Tusuk Sate, akan dapat membuat harmonis “Keluarga”nya, “Teman-teman”nya, “lingkungan sekitar”nya dan setiap keputusan-keputusannya.

 

Orang jawa memang banyak pantangan dan mitos-mitosnya.

 

Salam Ocehanburung.

Ocehanburung

Seorang yang sangat memperdulikan keutuhan dan harga diri bangsanya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *